Pendidik adalah salah satu aspek penentu berhasil tidaknya siswa dalam belajar, sehingga salah satu upaya efektif pendidik di era sekarang butuh ditingkatkan mutunya. Peningkatan kualitas guru harus menitikberatkan pada 2 perihal: pertama, meningkatkan harkat dan martabat guru, dari segi budaya, masyarakat dan ekonomi., ada beberapa cara yang dapat meningkatkan martabat pendidik. Misalnya denga…
Buku ini memuat hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh pendidik dalam menyusun acara pembelajaran. Di antaranya prinsip belajar dan asas pembelajaran, motivasi belajar, pendekatan CBSA dan keterampulan proses, masalah-masalah belajar serta pengembangan kurikulum.
Buku ini memuat tentang: 1. Hakikat belajar dan pembelajaran 2. Prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran 3. Motivasi belajar 4. Pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran 5. Pendekatan pembelajaran 6. Konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran 7. Masalah-masalah belajar 8. Pembelajaran dan pengembangan kurikulum
Buku ini mengajarkan secara detail teori-teori belajar dan pembelajaran, mulai dari behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, hingga humanisme. Untuk selanjutnya teori-teori tersebut dapat digunakan sebagai kerangka dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang tidak hanya menarik, tapi juga memberikan ruang bagi murid untuk berkreativitas dan terlibat secara aktif sepanjang proses pembela…