Buku ini hadir sebagai upaya pelurusan kembali hakikat pendidikan sesuai dengan filosofis dan historis bangsa yang multikultural ini. Buku ini juga nenuat potret inspirasi pendidikan di beberapa negara, khususnya Asia, yang menjadi suplemen gagasan dalam perumusan konsep restorasi pendidikan Indonesia. Adapun isi dari buku ini terdiri dari empat bab pembahasan, yaitu : (1) Sekelumit masalah pe…
Materi yang dibahas dalam buku ini : Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Isi dan arti filsafat Bab 3 Masalah pengetahuan Bab 4 Masalah ilmu pengetahuan Bab 5 Eksistensi ilmu pengetahuan Bab 6 Hakikat ilmu pengetahuan Bab 7 Evaluasi dan kesimpulan
Buku ini terdiri dari sepuluh (10) bab pembahasan, yaitu : (1) Manajemen Pendidikan, (2) Administrasi pendidikan, (3) Organisasi pendidikan, (4) Menyusun visi, Misi dan tujuan sekolah, (5) Kepemimpinan sekolah, (6) Runag lingkup Manajemen pendidikan, (7) Manajemen Hubungan sekolah dengan MAsyarakat (HUMAS), (8) Manajemen Berbasis Sekolah, (9) Akreditasi Madrasah/Sekolah, (10) Menerapkan Prins…
Buku ini mencoba menggambarkan permasalahan pokok dalam pendidikan yang kian tercerabut dari manusia dan kemanusiaan. Untuk itu, penulis melihat sebab akibat keterpurukan dunia pendidikan dengan menusuk langsung pada akar masalah berupa struktur sosial ekonomi kapitalisme yang mengglobal. Banyak sekali persoalan yang penulis gambarkan dalam buku ini, yang kadang luput dari amatan para pengamat.…
Proses supervisi ini merupakan salah satu aspek yang cukup dominan dalam menilai efektifitas manajemen yang berbasis sekolah. Adapun isi dari buku ini terdiri dari lima bab pembahasan, yaitu : (1) Berkenalan dengan supervisi pendidikan, (2) Berkenalan dengan teknik supervisi pendidikan, (3) Implementasi teknik supervisi, (4) Beberapa masalah guru, serta (5) Membantu Guru.
Tan Malaka adalah tokoh revolusi kiri yang militan ,radikal ,dan revolusiner. NAmun sayang nama dan perannya dalam kemerdekaan Indonesia sengaja di kaburkan dan dihilangkan oleh rezim orde Baru dari catatan sejarah dan album pahlawan nasional. Lewat buku ini , penulis mencoba menyingkap secara gamblang dan komprehensif mengenai kehidupan Tan Malaka, posisi pentingnya dalam perjuangan kemerdeka…
Buku ini terdiri dari sepuluh (10) bab pembahasan, yaitu : Bab 1 Makna Komunikasi pendidikan, Bab 2 Filsafat Komunikasi Pendidikan, Bab 3 Teknik dan pronsip komunikasi dalam pembelajaran, Bab 4 Komunikasi dalam manajemen pendidikan, Bab 5 Komunikasi Guru dan Siswa, Bab 6 Komunikasi sekolah dengan masyarakat, Bab 7 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bab 8 Komunikasi tertu…
Buku ini terdiri dari 13 bab pembahasan; yaitu : (10 Sejarah dan perkembangan psikologi pendidikan; (2) Ruang lingkup psikologi pendidikan sebagai ilmu pengetahuan; (3) Prinsip sistem psikologi dan sumbangsih dalam pendidikan; (4) Prinsip dasar pertumbuhan dan perkembangan manusia; (5) kecerdasan; (6) Teori Kecerdasan; (7) Struktur dan hierarki intelek; (8) Perbedaan individu dari aspek fisik …
Buku ini mengajarkan secara detail teori-teori belajar dan pembelajaran, mulai dari behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, hingga humanisme. Untuk selanjutnya teori-teori tersebut dapat digunakan sebagai kerangka dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang tidak hanya menarik, tapi juga memberikan ruang bagi murid untuk berkreativitas dan terlibat secara aktif sepanjang proses pembela…
Buku ini membahas bagaimana peran dan fungsi psikologi dalam pendidikan anak, seperti bagaimana menghadapi anak, bagaimana pola dan cara anak berpikir, bagaimana mengaktifkan jiwa anak, dan bagaimana memupuk anak agar tidak berkepribadian kerdil. Anda ingin memberikan apa yang terbaik bagi anak dan mengantarkannya menjadi pribadi yang membanggakan di kemudian.