Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Makna pendidikan dan belajar Bab 3 Pengertian peserta didik/siswa Bab 4 Kepribadian dan tangggung jawab guru Bab 5 Kompetensi guru Bab 6 Tugas dan peranan guru Bab 7 Pembelajaran Aktif dan atraktif Bab 8 Profesionalisme guru Bab 9 Lembaga-lembaga pendidikan
Buku ini mengupas sejara sosial pendidikan islam 1 karakter pendidikan di era klasik dan modern ( sebuah upaya menuju pendidik yang berkualitas) 2 Metode, sistem dan materi pendidikan dasar (kuttab) bagi anak-anak pada masa awal daulah abbasiyah ( 132 H/ 750 M 232 H/847 M) 3 Konsep dasar pendidikan multikultural di institusi pendidikan islam zaman al-ma'un ( 813-833 M) 4 …
Buku ini terdiri dari tiga bagian. Bagian Pertama tentang Bapak dan Guru sejati yang didalmanya membahas tentang Harun Nasution sosok pendidik dan bapak serta Harun Nasution sang Guru yang istiqamah, dll. Bagian Kedua; Pemikir Rasional Islam yang dialamnya masih membahas tentang Harun Nasution. pada Bagian ketiga; Pendiri pascasarjana Studi Islam.
Buku ini mencoba memberikan hal baru tentang tema sejarah pendidikan Islam di Nusantara. Hal ini bisa dilihat dari uraian tema yang cukup pariatif dan komprehenshif. Penyajian dalam buku ini begitu banyak ragam pemikiran yang hadir, terlepas dari segala kekurangan yang terdapat didalamnya. Melihat topik kajian pendidikan Islam nusantara yang begitu luas, pembahasannya tidak hanya menyangkut tr…
Buku ini menyajikan pemikiran dari para tokoh intelektual Muslim dari zaman klasik, pertengahan sampai zaman modern. Upaya penelusuran terhadap pemikiran para tokoh yang mengemukakan persoalan pendidikan masih sangat relevan saat ini. Beberapa tokoh Islam seperti Ibnu Sahmun, Al-Qabsi, al-Ghazali, Ibnu Maskawai, Ibnu Sina menawarkan konsep dan pemikirannya dalam permasalahan pendidikan. termasu…