Materi yang dibahas dalam buku ini : Metode mumtaz bagian pertama Bab 1 Kata kunci Bab 2 Mengenal isim dan fi’il Bab 3 Mengenal kategori isim Bab 4 Perubahan kata kerja Metode mumtaz bagian kedua Bab 5 Perubahan baris akhir kata Bab 6 Jumlah fi’liyyah Bab 7 Jumlah ismiyah Bab 8 Unsur pelengkap dalam kalimat Bab 9 Tamyiz dan hal Bab 10 Badal (Pengganti…
Ilmu Sharaf adalah Ibu dan Ilmu Nahwu adalah Bapaknya, demikian ungkapan singkat yang menggambarkan urgensi keduanya. Secara akademis, nahwu dan sharaf adalah dua disiplin ilmu yang masing-masing mempunyai materi tersendiri. uning Metode Ibtidai karya Kiai Mujahidin Rachman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini men…
Buku ini Berisi tentang: Pendahuluan, Asumsi Filosofis dan Kerangka Penafsiran; Mendesain Studi Kulaitatif; Lima Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian; Lima Contoh Studi Kualitatif; Mengantarkan dan Memfokuskan Studi; Pengumpulan Data; Analisis dan Penyajian Data; Menulis Studi Kualitatif; Standar Validasi dan evaluasi; Mengarahkan Bentuk Cerita dan Kesimpulan
Salah satu tujuan buku ini, yang amat penting ialah: sebagai pertanggungjawabanku kepada seluruh keluarga, kepada teman-teman seperjuangan dan kepada masyarakat pada umumnya, tentang apa apa yag pernah aku kerjakan dan aku perjuangkan. Tentulah, ada yang positif dan ada pula yang negatif, ada yang berhasil, karenanya wajib disyukuri, dan ada yang belum/tidak berhasil yan meminta intropeksi dan …
Buku ini membahas tentang: Kebangkitan Islam Mengapa Islam pesat berkembang Perbendaharaan ilmu pengetahuan Nama para ulama dan pengarang dengan karya-karyanya Metode berpikir ilmiah tentang Syari'at Islam melahirkan madzhab Madzhab dalam hubungannya dengan cara melaksanakan Syari'at Islam kedatangan Islam ke Indonesia Masa perkembangan Islam di Indonesia Berakhirnya kerajaan Demak dan…
Buku ini terdiri dari: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Argumen Kehadiran Al-Qur'an bab 3 Problem Ontologis Wahyu Tuhan: Memaknai Ulang Konsep Wahyu Tuhan bab 4 Menguak Metode dan Pesan-Pesan Al-Qur'an dan Mushaf Usmani bab 5 Arah Baru Studi MUshaf Usmani Biblio. hlm. : 240 - 254, Index hlm. : 255 - 260
Cooperative learning didefinisikan sebagai sekelompok kecil pembelajar yang bekerja sama menyelesaikan masala, merampungkan tugas, atau menyelesaikan suatutujuan bersama. Bagian I Kerangka Umum Bagian II Model dan Praktik Bagian III Studi-Studi Aplikatif Bagian IV Rekomendasi