Buku pengantar yang komprehensif untuk memahami konsep tentang pendidikan ini memuat pelbagai bahasan, antara lain : Sifat dan hakikat manusia dari berbagai persfektif para ahli; Tujuan dan fungsi pendidikan; Pendidikan sebagai sistem, subsistem dan suprasiswa; Komponen-komponen penting pendidikan (komponen tujuan, peserta didik, guru, kurikulum, metode pembelajaran, media pembeajaran); Konsep …
Buku ini terdiri dari sebelas (11) bab pembahasan, yaitu : *1) Pengenalan konsep dasar sosiologi pendidikan & ruang lingkupnya, (2) Objek sosiologi pendidikan, social groups, stratifikasi, perubahan & perilaku sosial, (3) Pendekatan teori dalam kajian sosiologi pendidikan, (4) Lembaga Pendidikan & peranan humanisasi, (5) Tanggung jawab masyarakat, pemerintah dan keluarga terhadap pendidikan, (6…
Posmodernisme dalam pandangan Lyotard merupakan wadah mermuaranya berbagai perspektif teoritis yang berbeda-beda. Ilmu pengetahuan posmodernisme memperhalus kepekaan teoritis yang berbeda-beda. Ilmu pengetahuan posmodernisme memperhalus kepekaan kita terhadap pandangan yang berbeda sembari memperkuat kemampuan kita bertoleransi atas pendirian yang tak mau memperkuat kemempuan kita bertoleransi …