Buku ini terutama menyoroti suatu periode tertentu dalam sejarah pendidikan Indonesia, yakni periode 1892 sampai 1920. Buku ini terdiri dari 11 bab pembahasan, yang antara lain membahas tentang; Pandangan umum tentang politik dan penyelenggaraan pendidikan kolonial, sekolah untuk anak Indonesia sebelum berorganisasi 1892; sekolah kelas satu; sekoalh kelas dua; sekolah desa; Europese Lagere Sch…
Proses belajar dan mengajar adalah hal yang amat penting artinya dalam metode pengajaran di sekolah. Dapat dikatakan bahwa proses tersebut menempati posisi penting dalam usaha mensukseskan kegiatan pengajaran dan pendidikan pada umumnya. Dalam buku ini diuraikan berbagai pendekatan yang dapat ditempuh dalam proses belajar dan mengajar. Antara lain dibicarakan dalam buku ini tentang Belajar Tun…
Proses belajar dan mengajar adalah hal yang amat penting artinya dalam metode pengajaran di sekolah. Dapat dikatakan bahwa proses tersebut menempati posisi penting dalam usaha mensukseskan kegiatan pengajaran dan pendidikan pada umumnya. Dalam buku ini diuraikan berbagai pendekatan yang dapat ditempuh dalam proses belajar dan mengajar. Antara lain dibicarakan dalam buku ini tentang Belajar T…
Buku ini ditujukan untuk mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, dalam mata kuliah Ilmu al-Lughah (Linguistik). Kajian buku ini adalah memotret bahasa Arab melalui kacamata linguistik umum. Mengkomparatifkan teori-teori linguistik umum dengan bahasa Arab, khususnya antara bahasa Indonesia dengan bahasa Arab. Tujuannya adalah agar pembaca dapat melihat lebih jauh per…
Buku "Pengantar Studi Islam Dilengkapi Pendekatan Integratif-Interkonektif" karya Prof. Dr. Khoiruddin Nasution ini membahas tentang studi Islam secara komprehensif dengan pendekatan integratif dan interkonektif. Buku ini ditujukan bagi mahasiswa jurusan agama Islam dan masyarakat umum yang ingin mempelajari Islam secara mendalam. Buku ini terdiri dari 8 bab, yang membahas tentang: Bab 1 memba…
Kandungan buku ini pada dasarnya adalah kuliah-kuliah yang diberikan di IAIN "Syarif Hidayatullah" JAkarta. Dalam mata pelajaran tersebut, ditambah dengan beberapa uraian serta beberapa perbaikan dan perubahan di sana sini. Yang dapat tercakup dalamnya hanyalah pembaharuan di tiga negara ISlam, yaitu Mesir, Turki dan India--pakistan. Dalam garis besarnya pemikiran dan gerakan pembaharuan yang t…
Buku Filsafat Ilmu ini sangat relavan bagi kajian paradigma dan kerangka teori ilmu pengetahuan, terutama dalam hubungannya dengan pengembangan Islamic Sciencies. Hal ini berdasarkan substansi yang dibahas dalam buku ini tidak terjebak pada grandnarative positivisme logis, sebagaimana kebanyakan filsafat ilmu lainnya. Pembahasan filsafat ilmu dalam buku ini tidak hanya membuka cakrawala keilmua…