Dalam buku ini termuuat kajian tentang media dan teknologi pembelajaran yang meliputi konsep dasar media pembelajaran; konsep dasar teknologi pembelajaran; belajar dan pembelajaran; Blended learning;; pembelajaran jarak jauh; E-learning, desain teknologi pembelajaran; implementasi penggunaan media dan teknologi pembelajaran; serta evaluasi pengembangan media dan teknologi pembelajaran.
Dalam buku ini membahas tentang pokok bahasa sebagai berikut : MAkna peran Media dalam komunikasi dan pembelajaran; Pengertian, fungsi, dan penggunaan mediapembelajaran; landasan media pembelajaran; Penggolongb=an media pembelajaran; Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan Media pembelajran; Media Dua Dimensi/ Media papan; Media Grafis; Media Dengar dan pandang; serta Penelitian tentang media…
Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Ba…
Metode dan strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif membutuhkan kombinasi antara penggunaan metode yang tepat, strategi yang efektif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, teknologi, pengenalan karakteristik siswa, serta kegiatan praktik dan latihan. Kombinasi yang tepat ini dapat membantu siswa dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bahasa Indonesia dan meningkatka…
Buku model ini disusun oleh penulis dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran membaca pemahaman bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Content Language Integrated Learning (CLIL) dipilih sebagai salah satu kompenen dalam model pembelajaran ini karena saat ini pembelajaran bahasa tidak hanya difokuskan pada tataran linguistic saja tetapi juga sudah menjangkau aspek konten yang dim…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar keterampilan membaca bagi pemelajar BIPA di Jerman yang masih terbatas. Hasil sebaran angket dan wawancara terhadap pengajar BIPA di Jerman menunjukkan bahwa dibutuhkan suatu bahan ajar membaca yang disusun dengan mempertimbangkan karakteristik dan minat pemelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar membaca berbasi…
Dalam buku ini diuraikan bagaimana idealnya masing – masing unsur dalam pendidikan agar sesuai dengan standar proses pendidikan. Selain itu, buku ini juga membahas tentang berbagai alternatif strategi pembelajaran yang bisa digunakan. Contohnya saja strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, berbasis masalah, peningkatan kemampuan berpikir, kooperatif, kontekstual, dan afektif.
Tulisan ini berupa hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Arab pada beberapa MTs Negeri di Kota Padang, padahal TIK pada zaman sekarang ini adalah merupakan media yang sesuai dengan jiwa dan karakter peserta didik. Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa belum termanfaatkannya media TIK ialah karena tid…
Hasil penelitian dapat dijadikan bukti empirik, acuan, dan landasan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Ada tiga jenis penelitian yang memiliki kontribusi langsung untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu : 1. Penelitian tindakan kelas atau yang sering disebut PTK 2. Penelitian pengembangan 3. Penelitian kuasi eksperimen Ketiganya menjadi tema utama dalam buku ini.