Buku ini bermaksud membahas metodologi pengembangan kurikulum dan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam pengembangan kurikulum dari masa ke masa. buku ini menyajikan pembahasan mengenai: (1) HAkikat Kurikulum; (2) Teori pendidikan dan model-model kurikulum; (3) LAndasan pengembagan kurikulum; (4) Prinsip, model dan manajemen pengembangan kurikulum; (5) Perkembangan kurikulum di Indon…
Buku ini menjelaskan secara detail bagaimana pengembangan bahan ajar, tujuan, perangkat pembelajaran, evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab, contoh pengembangan silabus, RPP, dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah aliyah. Dengan demikian, buku ini layak dibaca seluruh penggait pendidikan, pengajar bahasa Arab, hingga mahasiswa. JUDUL : PENGARAN …
Pembelajaran bahasa Arab dalam buku ini diaplikasikan dengan berbagai media dan permainan bahasa yang disesuaikan dengan setiap keterampilan berbahasa. Hal ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi sekaligus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Buku ini menjelaskan secara detai bagaimana pengembangan bahan ajar, tujuan, perangkat pembelajaran, evaluasi dalam pembelajaran ba…
Pembelajaran Bahasa Arab yang ada di pesantren tradisional khususnya difokuskan dalam unsur bahasanya yaitu nahwu dan sharaf, sementara untuk keterampilan berbahasanya tidak dipelajari. Pesatnya perkembangan zaman saat ini menjadikan masyarakat mempunyai keinginan bahwa walaupun seorang santri di pesantren namun kemampuan berbahasa Arabnya juga harus berkembang, yaitu mampu berbahasa Arab secar…
Kurikulum senantiasa berubah dan bersifat dinamis, tidak ada yang mampu membuat kurikulum tetap statis karena adanya tantangan yang timbul dari dalam maupun dari luar lingkungan sistem pendidikan yang menyebabkan kurikulum harus senantiasa menyesuaikan diri agar mampu memenuhi permintaan dari semua dimensi kehidupan. Pendidikan pada dasarnya harus relevan dengan kebutuhan masyarakat umum, maka …
Buku ini membahas tentang landasan, Prinsip, Komponen dan Struktur KTSP, silabus landasan, Prinsip, komponen dan pengembangannya. serta pemetaan Kompetensi Dasar, Analisis alokasi waktu, program Tahunan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pada bab lain dalam buku membahas prinsip, ciri, dan cara mengelola KBM, cara memilih strategi pembelajaran. pada bab akhir membahas tentang penilaia…
Dalam buku ini penulis membahas kurikulum dan teori belajar ditinjau dari perspektif Islam, sebab ajaran Islam sesungguhnya kaya dengan fundamental doctrine dan fundamental values dalam aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali dalam aspek pembelajaran dan kurikulumnya : Bab I Manajemen kurikulum pendidikan Islam Bab II Filsafat kurikulum pendidikan Islam Bab III Kurikulum pendidi…
Secara umum buku ini membahas hal-hal yang terkait dengan kurikulum dan pembelajaran mencakup : 1. Konsep Kurikulum 2. Pengembangan Kurikulum 3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan 4. Konsep belajar dan pembelajaran 5. Motivasi dan prestasi belajar 6. Pendekatan dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam 7. Media dan sumber pembelajaran 8. Pendidikan agama Islam di sekolah 9. pende…