Buku ini mencakup tentang: Bab 1 Pengertian, Asumsi, dan fungsi Strategi belajar mengajar Bab 2 Pendekata Umum Bab 3 Berbagai metode pembelajaran umum dan khsus Bab 4 Teknik pembelajaran Bab 5 Media pembelajaran Bab 6 Pengelolaan kelas
Dalam buku ini termuuat kajian tentang media dan teknologi pembelajaran yang meliputi konsep dasar media pembelajaran; konsep dasar teknologi pembelajaran; belajar dan pembelajaran; Blended learning;; pembelajaran jarak jauh; E-learning, desain teknologi pembelajaran; implementasi penggunaan media dan teknologi pembelajaran; serta evaluasi pengembangan media dan teknologi pembelajaran.
Dalam buku ini membahas tentang pokok bahasa sebagai berikut : MAkna peran Media dalam komunikasi dan pembelajaran; Pengertian, fungsi, dan penggunaan mediapembelajaran; landasan media pembelajaran; Penggolongb=an media pembelajaran; Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan Media pembelajran; Media Dua Dimensi/ Media papan; Media Grafis; Media Dengar dan pandang; serta Penelitian tentang media…
Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Ba…
Metode dan strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif membutuhkan kombinasi antara penggunaan metode yang tepat, strategi yang efektif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, teknologi, pengenalan karakteristik siswa, serta kegiatan praktik dan latihan. Kombinasi yang tepat ini dapat membantu siswa dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bahasa Indonesia dan meningkatka…
Buku model ini disusun oleh penulis dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran membaca pemahaman bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Content Language Integrated Learning (CLIL) dipilih sebagai salah satu kompenen dalam model pembelajaran ini karena saat ini pembelajaran bahasa tidak hanya difokuskan pada tataran linguistic saja tetapi juga sudah menjangkau aspek konten yang dim…
Tenaga pengajar, guru, mentor, dosen, dan pelatih merupakan mediator utama dalam proses transformasi pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut dapat lebih dinamis dan akan mencapai sasaran yang diinginkan jika ditambahkan alat bantu atau media lain, seperti media audio visual, cetak, proyektor, film, permainan, dan lain sebagainya. Buku ini dapat membantu pendidikan dan mahasiswa untuk memaham…
Proses belajar dan mengajar adalah hal yang amat penting artinya dalam metode pengajaran di sekolah. Dapat dikatakan bahwa proses tersebut menempati posisi penting dalam usaha mensukseskan kegiatan pengajaran dan pendidikan pada umumnya. Dalam buku ini diuraikan berbagai pendekatan yang dapat ditempuh dalam proses belajar dan mengajar. Antara lain dibicarakan dalam buku ini tentang Belajar Tun…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar keterampilan membaca bagi pemelajar BIPA di Jerman yang masih terbatas. Hasil sebaran angket dan wawancara terhadap pengajar BIPA di Jerman menunjukkan bahwa dibutuhkan suatu bahan ajar membaca yang disusun dengan mempertimbangkan karakteristik dan minat pemelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar membaca berbasi…