Text
Aktualisasi Nilai-Nilai Qur'ani Dalam Sistem Pendidikan Islam
Diabad 21 ini Lembaga Pendidikan Islam dihadapkan pada sejumlah tantangan yang cukup kompleks. Tantangan
eksternal lebih merupakan berbagai perubahan yang dialami masyarakat dalarn perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masih dihadapkan pada politik pendidikan yang belum sepenuhnya kondusif. Sementara tantangan internal pendidikan keagamaan terkait dengan aspek landasan filosofis pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Landasan filosofis pendidikan Islam ditandai masih ada kecenderungan kerangka berfikir dikotomis dalam pengembangan ilmu pengetahuan di kalangan ilmuan dan umat Islam.
Buku ini adalah sebagian besar merupakan percikan pemikiran Prof. Dr. Said Agil Husin Al-Munawar. Pemikiran itu tidak lain merupakan sebuah kepekaan dan kecintaan terhadap dunia pendidikan Islam serta rasa tanggung jawab untuk mengatasi problematika pendidikan di Indonesia. Jawaban terhadap tantangan itu adalah dengan aktualisasi nilai-nilai al-Qur’an dalam sistem pendidikan Islam. Kembali kepada al-Qur’an, tampaknya itu yang ingin ditransformaSikan dalam menumbuhkan kualitas pendidikan keagamaan terutama merumuskan dasar filosofis pendidikan sampai pada pengembangan ke depan.
Buku ini sangat penting bagi pengembangan pendidikan Islam dan pengembangan khazanah intelektual Islam Indonesia karena memuat jawaban terhadap tantangan medernitas pendidikan keagamaan di Indonesia. Selain itu buku ini lahir dari pemikiran seorang intelektual yang menggeluti dunia pendidikan Islam dan sekaligus penulisnya berada dalam lingkaran pemerintahan dalam mengambil kebijakan pendidikan Islam di Indonesia.-.
Tidak tersedia versi lain