Text
Pendidikan Kewarganegaraan
Pembelajaran Kontekstual ( CTL ) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari - hari . Variabel adalah telaah buku ajar pendidikan kewarganegaraan kelas VI, metode pengumpulan data meliputi ceklist, dokumentasi , analisis data yang digunakan deskriptif presentase. Tehnik analisis menunjukkan bahwa telaah buku ajar pendidikan kewarganegaraan kelas VII dalam presentase adalah untuk jawaban yang didapat sebanyak 56,7% siswa yang memiliki suatu kemampuan untuk belajar lebih baik lagi. Dengan alasan supaya tidak lupa tetapi ada sebagian siswa sebanyak 55% kemapuan kognitif tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya latihan. Untuk itu belajar secara teratur akan menigkatkan kognitif yang dimiliki seseorang, hal ini ditunjukkan sebanyak 53,4% ada yang menyatakan setuju apabila harus belajar namun sebagian jumlah ada 46,6% siswa. Kesimpulan berisi dari hasil penelitian, yaitu Telaah Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII hanya sebesar 55% saja dengan perbandingan nilai yang didapat dari analisa sebesar 70% (faktor konstruktivisme
Tidak tersedia versi lain