Text
Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab
Psikolinguistik, sebagai interdisiplinier antara psikologi dan linguistik, merupakan disiplin ilmu yang mempelajari dan memfokuskan kajiannya pada bahasa, dengan segala karakteristiknya, yang meliputi perilaku berbahasa, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, pemerolehan bahasa, dan pemproduksian bahasa serta proses yang terjadi di dalamnya. Dalam pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa kedua (second language) Psikolinguistik memiliki peranan dan kontribusi yang cukup besardan sangat penting. Peranan itu dapat terlihat misalanya dalam menelaah latar belakang permasalahan dari kesalahan-kesalahan dalam berbahasa dan belajar bahasa, serta langkah-langkah dalam menganinya (problem solving). Dengan memamahami psikolinguistik seorang guru juga akan mampu memahami proses yang terjadi dalam diri siswa sehingga manakala kemampuan dan keterampilan siswa dalam berbahasa Arab bermasalah, maka guru akan mampu mencarikan soslusinya dan memperbaiki sistem pengajaran atau strategi pembelajarannya, jika masalah itu ditimbulkan oleh kesalahan penggunaan strategi pembelajaran yang ia gunakan
Tidak tersedia versi lain