Text
Evaluasi pembelajaran : Berdasarkan kurikulum nasional
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta mengkomunikasikan/ melaporkan hasil penilaian.
Tujuan mempelajari evaluasi pembelajaran adalah agar mahasiswa dapat memahami makna dan kedudukan evaluasi/ penilaian dalam pembelajaran dan mengembangkan kemampuan menyusun perangkat penilaian proses dan hasil belajar siswa sesuai dengan prinsip-prinsip dan prosedur evaluasi serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran di Madrasah. Kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai mahasiswa sebagai berikut :1)Memahami perbedaan konsep dasar penilaian, prinsip-prinsip penilaian dan menganalisis karakteristik jenis-jenis penilaian hasil belajar.2) Mengaplikasikan pemahaman mengenai sasaran penilaian proses dan hasil belajar: dimensi proses kognitif taksonomi Bloom revisi untuk menganalisis dan menyusun perangkat penilaian tertulis/tes.3) Mengaplikasikan pemahaman mengenai perangkat penilaian tertulis berbentuk tes obyektif dan uraian untuk mengukur hasil belajar siswa.4)Mengaplikasikan pemahaman mengenai keterampilan proses sains (KPS) untuk menyusun perangkat penilaian yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.5) Menyusun perangkat penilaian kinerja, proses dan produk yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPA. 6)Mengaplikasikan pemahaman mengenai jenis-jenis dan prinsip portofolio dalam penyusunan rubrik penilaian portofolio.7) Mengaplikasikan pemahaman mengenai prinsip dan bentuk penilaian dimensi afektif: sikap dalam penyusunan perangkat penilaian sikap.8) Menganalisis validitas, reliabilitas perangkat penilaian dan analisis butir soal berdasarkan data empirik/hasil uji coba.9)Mengolah dan menginterpretasikan data hasil penilaian untuk penentuan ketuntasan belajar dan perbaikan kualitas
Tidak tersedia versi lain