Text
Pengelolaan pendidikan Islam : Teori dan praktik
PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN TEKNOLOGI YANG SEMAKIN CEPAT TELAH MENDORONG BERKEMBANGNYA LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM, SEPERTI PESANTREN MODERN. LEMBAGA PENDIDIKAN INI TENGAH MENUNJUKKAN EKSISTENSINYA DALAM MENDONGKRAK PERKEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA. HAL INI TERLIHAT DARI PEMINAT PARA PELAJAR INDONESIA YANG SETIAP TAHUNNYA SEMAKIN MENINGKAT. NAMUN DEMIKIAN, LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MODERN (PESANTREN MODERN) HARUS TETAP BANYAK BELAJAR DARI PESANTREN-PESANTREN (TRADISIONAL) TERDAHULUNYA, DI MANA LEMBAGA INI SEMPAT MAJU NAMUN KEMUDIAN DITINGGALKAN OLEH PARA SANTRINYA, ATAU BAHKAN PUNAH.SALAH SATU FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PESANTREN MODERN ADALAH TERKAIT MUTU PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN. PENGELOLAANNYA HARUS SENANTIASA DIDASARKAN PADA PENGELOLAAN ILMIAH (MANAJEMEN ILMIAH). SEBAB, PESANTREN MODERN BUKAN HANYA GEDUNG ATAU SARANANYA YANG MODERN, TETAPI JUGA TERKAIT PENGELOLAAN DAN SISTEM PENDIDIKANNYA UNTUK MEMBERIKAN KEPUASAN KEPADA PARA SANTRINYA. BUKU YANG ADA DI TANGAN PEMBACA INI HADIR SEBAGAI IKHTIAR AGAR LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MODERN MAMPU MEMAHAMI BERBAGAI KONSEP, TEORI PENGELOLAAN PENDIDIKAN, DAN IMPLEMENTASINYA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN. TUJUAN AKHIRNYA TENTU SAJA BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN LEMBAGA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI MASA YANG AKAN DATANG.
DAFTAR ISI
BAB I PENGELOLAAN PENDIDIKAN
A. PENGERTIAN PENGELOLAAN
B. PENGELOLAAN PERSPEKTIF ISLAM
C. MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI
D. FUNGSI-FUNGSI PENGELOLAAN
E. PEMBAGIAN PENGELOLAAN
BAB II PERENCANAAN PENDIDIKAN
A. PENGERTIAN PERENCANAAN PENDIDIKAN
B. KRITERIA PERENCANAAN YANG BAIK
C. PROSES PERENCANAAN PENDIDIKAN
D. KARAKTERISTIK PERENCANAAN PENDIDIKAN
Tidak tersedia versi lain