Text
Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D
Buku ini terdiri dalam lima bagian yang dipecah kembali menjadi 16 bab. Prof. Dr. Sugiyono mengatakan bahwa Indonesia yang sudah lebih dari 60 tahun merdeka tetapi belum memiliki kualitas Sumber Daya Manusia yang memadai. Hal ini diantaranya disebabkan karena kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan dari berbagai jalur, jenjang dan jenis pendidikan belum memadai. Rendahnya kualitas penyelenggaran dan hasil pendidikan ini antara lain disebabkan pembuatan kebijakan, pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi tidak didasarkan dari hasil penelitian yang memadai. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendididkan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas tersebut perlu dilakukan penelitian. Supaya penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu : Metode Kuantitaif, Kualitatif dan Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D).
Dalam pengantar buku ini dikatakan bahwa perbedaan metode kuantitatif dan kualitatif tidak semata-mata yang satu pakai angka dan yang lain tidak. Dari segi proses, penelitian kuantitatif bersifat deduktif dan penelitian kualitatif bersifat induktif. Pertanyaan yang sering muncul terhadap kedua metode tersebut adalah apakah kedua metode tersebut dapat digabungkan. Kesimpulannya, metode kuantitatif dan kualitatif tidak akan pernah dipakai bersama-sama, karena kedua metode tersebut memiliki paradigma yang berbeda dan perbedaannya bersifat mutually exclusive, sehingga dalam penelitian hanya dapat memilih salah satu metode. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan apabila peneliti bermaksud menghasilkan produk tertentu, dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut
Tidak tersedia versi lain