Buku ini terbagi ke dalam 6 (enam) bagian pembahasan, yaitu : Pada bagian pertama membahas tentang Persfektif Perkembangan masa hidup; Pada bagian kedua tentang Permulaan; bagian ketiga membahas tentang masa bayi; bagian keempat tentang masa kanak-kanak awal,; bagian kelima tentang masa kana-kanak pertengahan dan akhir, dan pada bagian keenam membahas tentang masa remaja.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi : Bab 1 Psikologi pendidikan : Perangkat untuk pengajaran efektif Bab 2 Perkembangan kognitif dan bahasa Bab 3 Pengembangan sosiomosional dan konteks sosial Bab 4 Variasi individual Bab 5 Keragaman sosiokultural Bab 6 Pelajar yang luar biasa Bab 7 Pendekatan perilaku dan kognitif sosial Bab 8 Pendekatan pemrosesan informasi
Materi yang dibahas dalam buku ini : Bab 9 Proses kognitif kompleks Bab 10 Pendekatan kontruktivis sosial Bab 11 Pembelajaran dan kemampuan kognitif di wilayah konten Bab 12 Perencanaan, intruksi dan teknologi Bab 13 Motivasi, pengajaran, dan pembelajaran Bab 14 Mengelola kelas Bab 15 Tes dan pengajaran terstandardisasi Bab 16 Penilaian dan peringkat kelas
Materi yang dibahas dalam buku ini : Bagian 1 Perspektif perkembangan masa-hidup Bagian 2 Permulaan Bagian 3 Masa bayi Bagian 4 Masa kanak-kanak awal Bagian 5 Masa kanak-kanak pertengahan dan akhir Bagian 6 Masa remaja