Buku ini disiapkan untuk 5-6 SKS atau setara untuk 2 kali pertemuan untuk satu semester (14 kali tatap muka x 2). Untuk pertemuan di laboratorium bahasa Arab, materi yang digunakan adalah muhadatsah, mufradat, as’ilah (atau 3 materi awal di masing-masing bab). Untuk kaidah dan untuk latihan-latihan bisa dilakukan untuk pembelajaran di kelas masing-masing. Materi yang diajarkan di empat …
Buku ini merupakan buku pertama dari 2 seri buku pembelajaran bahasa Arab, yaitu ÒBahasa arab untuk BisnisÓ dan ÒBahasa Arab untuk Perbankan SyariahÓ. Kedua buku ini diharapkan nantinya bisa bermanfaat bagi mahasiswa Ekonomi Islam di seluruh PTN-PTS di Indonesia.ÊUntuk materi yang ada di dalamnya, penulis sangat selektif sekali dengan memunculkan hal-hal yang terkait dengan bisnis saja. Ma…
Bahan Pustaka ini mencakup : Bab 1 Konsep Dasar Ekonomi Islam Bab 2 Konsep Maqashid Al-Syari'ah Dan Al-Mashlahah Dalam Ekonomi Islam Bab 3 Evaluasi Teori Maqashid Al-Syai'ah di Masa Klasik Bab 4 Perkembangan Teori Maqashid Al-Syai'ah di Masa Modern Bab 5 Prinsip Dasar Produksi Dalam Ekonomi Islam Bab 6 Prinsip Dasar Distribusi Dalam Ekonomi Islam Bab 7 Prinsip Dasar Konsumsi Dalam Eko…
Buku ini membahas tentang: 1 Konsep dasar ekonomi islam 2. Konsep Mqaship AL-sYARIAH DAN aL-Mashlahah 3. Evaluasi teori Maqaship Al-Syariah di masa klasik 4. Perkembangan teori Maqashid Al-syariah di masa modern 5. Prinsip dasar produksi dalam ekonomi Islam 6. Prinsip dasar Distribusi dalam ekonomi islam 7. Prinsip dasar konsumsi dalam ekonomi Islam 8. Prinsip dasar mekan…
Materi yang dibahas pada buku ini : Di pasar 1 : Penjual dan pembeli berkenalan Di pasar 2 : Penjual dan pembeli (Penjual kemeja) Di pasar 3 : Penjual dan pembeli (Penjual beras) Harga-harga di pasar (Harga buah-buahan) Sewa-menyewa (Ijarah) di pasar Musharakah di pasar Mudharabah di pasar Istisna dan salam di pasar Perintah untuk berbisnis Bisnis online Sewa pekerja dan pemberian …
Buku ini, dapat dijumpai kajian yang mendalam tentang beragam aspek seperti prinsip trust ( amanah) dalam ajaran Islam pada umumnya dan dalam perilaku ekonomi dan bisnis pada khususnya pembahasannya di lengkapi dengan uraian mengenai relasi trust di antara perilaku bisnis, perusahaan, pasar, dan masyarakat pada umumnya. Bahan Pustaka ini Mencakup : Bab 1 Kepercayaan (Trust) Dalam Bisnis da…