Buku ini berisi bunga rampai mengenai bantuan yang diperlukan seorang guru dalam usaha meningkatkan potensi dirinya sebagai guru yang selalu mendambakan peningkatan dan pengembangan menuju ke Prototipe guru yang profesional. Guru yang profesional dalam mengajar, dapat memberi inspirasi kepada peserta didik.
Buku ini membahas tentang: Bab 1. Mengapa supervisi pendidikan itu perlu? Bab 2. Konsep dasar supervisi pendidikan Bab 3. Model. pendekatan, dan teknik-teknik supervisi pendidikan Bab 4. Usaha-usaha membina dan mengembangkan potensi sumber daya guru dalam profesi mengajar Bab 5. Rangkuman, kesimpulan, dan jangkauan ke masa depan yang lebih baik
Buku i ni terdiri dari tujuh bab pembahasan, yaitu; Bab I, Pembinaan dan peningkatan kualitas profesi mengajar guru. Bab II, Profil, status, peranan, tugas dan tanggung jawab guru. BAb III, Paradigma kategori guru dan pendekatan supervisi yang digunakan. Bab IV, Orientasi pelaksanaan supervisi pengajaran yang bersifat ilmiah. Bab V, Membantu guru-guru dalam pembinaan dan peningkatan profesi men…
Bibliografi hlm. 398-400