Sebagai bahasa asing, bahasa Arab diajarkan untuk tujuan dan target empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Empat keterampilan ini selanjutnya dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu keterampilan produktif, yaitu berbicara dan menulis, dan keterampilan reseptif, yaitu menyimak dan membaca. Dengan berbagai karakteristiknya, empat keterampilan berbahasa Arab…
Buku ini menyajikan dua sisi kajian yaitu sisi teoritis dan praktis. Sisi teoretis berbicara sekitar dasar dasar ilmiah seputar penelitian yang berlaku penelitian umum maupun bahasa. Adapun sisi praktis berbicara sekitar praktik penelitian bahasa Arab sejak perencanaan hingga langkah-langkah praktis dan contoh. Dua sisi itu dibagi dalam 17 bab yang saling berkaitan. Empat bab awal yaitu bab …
Agar dapat menempatkan bahasa Arab pada posisinya yang proporsional sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab di tanah air penting dilakukan untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Buku ini terdiri dari 12 Bab, yang diawali bab 1 dengan introduksi urgensi dan wawasan konten, bab 2 menyoal belajar bahasa asing, bab 3 membahas bahasa arab dan ba…
Dalam pembelajaran, penilaian adalah aktivitas tindakan untuk mengetahui ke-majuan belajar dan pembelajaran. Keberadaannya merupakan kemestian karena melalui segmen penilaianlah kualitas belajar dan pembelajaran dapat diketahui. Oleh sebab itu penilaian perlu dilakukan dengan baik dan benar agar kualitas bel-ajar dan pembelajaran berlangsung secara terukur. Buku yang berjudul Penilaian Pembelaj…
Di era modern ini, ilmu-ilmu Al-Quran telah mengalami perkembangan yang pesat. Ilmu-ilmu Al-Quran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Al-Quran, sebab tanpa mengetahui dan memahami ilmu-ilmu al-Quran pemahaman seseorang terhadap kandungan al-Quran akan mengalami kesalahan. Ulumul qur’an adalah ilmu yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan Al-Qur’an, baik dari aspek keberad…